1. Desain

Desain dari Honda Civic hatchback prototypeterinspirasi dari Lamborghini, hal itu diungkap oleh Chief Designer Honda, Daisuke Tsutamori. Desain dengan tampilan sporty masih disimpan untuk varian Si dan Type-R.

2. Teknis

Honda Civic hatchback akan tersedia dengan mesin bensin 1,5 liter, turbocharged empat silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 174 hp dan torsi 220 nm.

Sementara itu, Honda Civic Type-R kemungkinan akan datang dengan mesin bensin turbocharged empat silinder 2,0 liter. Kemungkinan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 300 hp.

3. Fitur

Datang sebagai model 2017, diharapkan Civichatchback dilengkapi dengan sejumlah fitur yang sama seperti di versi Sedan. Sebut saja beberapa diantaranya lampu utama LED, lampu senja LED, rem parkir elektronik, dan jok depan dengan fitur pemanas. Sistem entertainmentberupa 7 inci dan bisa terhubung dengan smartphone buatan Apple CarPlay dan Android Auto.

4. Produksi

Honda Civic hatchback akan diproduksi di pabrik Honda di Swindon, Inggris.

5. Penjualan

Berdasarkan rumor yang berkembang Honda Civic hatchback akan diluncurkan di Amerika Serikat pada semester kedua 2016. Honda telah mengonfirmasi model yang sama akan dijual di Eropa mulai awal 2017.
Mantap kan?

 

Eksterior

Honda Civic Turbo

Amazing. Tidak ada kata lain yang lebih pas untuk menggambarkan kesan yang ditangkap saat melihat Civic ini secara langsung. Honda melirik coupe 4 door buatan merek lain seperti Audi, BMW atau Mercedes lalu mengejawantahkannya menurut paham desain mobil yang mereka yakini. Hasilnya, Civic ini punya karakter desain seperti coupe, kelihatan dari atap rendah, garis pinggul lebar, buntut pendek nan melandai, lampu sipit dan lain sebagainya. Oh ya, Civic ini hasil riset di Amerika, bukan Jepang.

Di Thailand, negara asal impor Civic Turbo ini ada varian yang punya gril berwarna hitam, namun kita hanya dapat yang grilnya chrome, tapi proporsinya bagus. Pencuri perhatian di sektor muka ada pada lampu depan full LED-nya, karena waktu dinyalakan, sinarnya lain dari lampu LED mobil lain. Sepertinya saat tahu trik ini sukses di Acura, Honda langsung menerapkan hal yang sama ke mobilnya sendiri. LED DRL? Tentu saja ada, lampu depannya juga sudah auto.

Mobil ini disematkan pelek 17 inci two-tone. Modelnya lumayan, tapi untuk sedan yang perawakannya agresif seperti ini, harapannya desain peleknya bisa mantap juga seperti bodinya. Kalau di Thailand, pelek ini hadir untuk varian Turbo RS alias top of the line. Rem cakram di keempat roda juga siap mengawal, yang memang sudah layak dan sepantasnya untuk sedan sekelas Civic.

Tapi dari luar sudah kelihatan apa saja yang hilang dibanding versi Thailand. Jika versi Thailand punya kamera di spion yang akan menampilkan gambar kondisi di samping dengan cakupan yang lebar untuk mengurangi blind spot pengemudi, versi Indonesia kameranya dihilangkan, sehingga spionnya hanya dihiasi dengan lampu sein LED saja. Agak sayang ya? Oh ya, ban Civic ini adalah Yokohama Advan dB berukuran 215/50 R17.

Lampu belakang Civic dipercayakan kepada cahaya LED bar, bentuknya kelihatan seperti huruf C atau bumerang saat menyala. Antena sirip hiu juga cocok dengan siluet ala coupe yang ditawarkan Civic ini. Secara personal, saya melihat ada kesamaan antara Civic dengan Audi A7 Sportback, terutama kalau dilihat di sektor belakang, tapi jika A7 tail pipenya didesain dengan rapi, punya Civic sedikit agak janggal.

Okelah, dia punya twin exhaust yang keduanya berfungsi, tapi coba dilihat dengan seksama, khususnya dari samping, seolah pipa knalpotnya seperti agak terpotong bukan? Mungkin untuk berikutnya, bisa dirapikan dengan meniru tatanan muffler dan bumper Mazda 6 SkyActiv misalnya. Sportynya dapat, rapinya juga dapat. Civic Turbo ini tidak punya sensor parkir, tapi sudah dapat kamera parkir.

Interior

Biarpun desainnya punya kemiripan di beberapa bagian dengan Honda BR-V, Brio dan Mobilio, tapi dashboard Civic terasa lebih niat dibuatnya. Buktinya, setengah bagian atas dashboard berlapis bahan soft pad yang terasa berkualitas saat ditekan, dan pastinya, tidak goyang, itu yang penting. Tidak hanya itu, ada aksen brushed aluminium bernuansa mewah pada bagian dashboard yang terletak di depan penumpang.

Tapi catat, cerita seperti itu tidak berlanjut ke dashboard dan doortrim di setengah bagian bawah, karena di sinilah kembali kita berjumpa dengan material plastik, tapi untung saja plastiknya tak terasa seperti plastik yang murah(an). Jika anda senang mengemudi dengan gaya sporty, anda akan suka duduk di bangku pengemudinya. Posisi duduknya sangat rendah dan terasa sporty, layaknya menyetir mobil sport, didukung dengan dashboard yang posisinya juga tidak tinggi.

Posisi mengemudi mantap ini pun sudah disiapkan sejumlah pengaturan agar bisa pas untuk banyak orang. Selain didukung dengan pengaturan tilt & telescopic pada setir, jok pengemudinya sudah elektrik dan bisa diatur 8-way. Semua joknya berbahan kulit, setirnya sudah punya tombol untuk cruise control, pengaturan audio dan telepon. Di sisi kanan pengemudi, kelihatan tombol start-stop button dan tombol untuk mematikan stability control.

Di Thailand, Civic Turbo punya panel instrumen full LCD yang display spidometer, takometer dan MID-nya keren, sementara versi Indonesia malah turun menjadi paduan takometer analog serta spidometer plus MID digital. Head unit dengan tombol semu seperti TV LCD rumah pun jadi unek-unek, karena kita tidak bisa meraba tombolnya dengan jari saat harus melakukan fungsi tertentu yang tidak bisa lewat setir.

Visibilitas Civic layak untuk dipuji, karena mudah untuk melihat ke kanan-kiri tanpa terlalu terhalangi oleh pilar A. Ada fitur yang hanya dimiliki Civic di kelasnya saat ini, yakni remote engine start. Jika berada dalam jarak maksimal 40 m, anda tinggal pencet tombol di remote kunci dan mesin serta AC akan menyala. Kontrol AC berlayar digitalnya masih kenop putar biasa, dengan single zone climate control otomatis.

Soal kelegaan, Civic ini boleh juga, karena baik ruang kaki maupun kepala di sedan ini masih memadai, meskipun sandaran belakangnya terasa kurang rebah jika ingin benar-benar duduk rileks. Tidak seperti di depan, tidak ada material soft touch di doortrim belakang, yang ada hanyalah plastik. Penumpang belakang mendapatkan blower AC, armest dan kantong penyimpanan.

Bagasi Civic lumayan juga luasnya, tapi buntut yang agak pendek membuat bibir atas bagasinya kelihatan agak aneh sedikit. Jok belakang terpisah 60:40 dan bisa dilipat untuk memperluas bagasi. Saya suka standar keselamatan Civic baru ini, karena ia punya 6 airbags, ABS+EBD+BA, auto brake hold, hill start assist, brake override system, jok ISOFIX, dan lain-lain. Ini baru bagus.

Prediksi Harga

Menurut yang diberitakan Carscoops (27/9), untuk pasar Amerika mobil ini dibanderol mulai dari USD 19.700 atau sekitar Rp 255 jutaan untuk varian terendahnya yaitu LX dan termahal di USD 25.500 atau sekitar Rp 327 jutaan. Untuk pasar Amerika ini, ia hadir dengan mesin empat silinder 1.500 cc turbo bertenaga 173 ps dengan torsi 220 Nm.

Civic versi hatchback sudah mulai tersebar di Amerika

Berbeda dengan yang ada di Indonesia saat ini, Honda US menghadirkan dua pilihan transmisi yaitu CVT dan juga manual 6 percepatan pada versi sedan maupun hatchback. Selain itu Honda US juga memiliki lima pilihan trim yang dihadirkan untuk Civic hatchback, antara lain, LX, Sport, EX, EX-L Navi dan Sport Touring.

Tapi untuk varian Sport dan Sport Touring hadir dengan sedikit keunikan, yaitu tenaga mesinnya. Walaupun menggunakan basis mesin yang sama, keduanya menghasilkan tenaga yang lebih besar ketimbang yang sudah ada. Kedua varian ini hadir dengan mesin bertenaga 180 ps dengan torsi 239 Nm.

Untuk perbedaan di bagian luarnya adalah terlihat pada sistem knalpot yang hadir dengan dua buah pipa yang berdempetan di tengah bumper.

 

Honda hatchback Mantap Bulan Depan Honda Civic Hatcback Meluncur 1. Desain Desain dari Honda Civic hatchback prototypeterinspirasi dari Lamborghini, hal itu diungkap oleh Chief Designer Honda, Daisuke Tsutamori. Desain dengan tampilan sporty masih disimpan untuk varian Si dan Type-R. 2. Teknis Honda Civic hatchback akan tersedia dengan mesin bensin 1,5 liter, turbocharged empat silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 174 hp dan torsi 220 nm. Sementara itu, Honda Civic Type-R kemungkinan akan datang dengan mesin bensin turbocharged empat silinder 2,0 liter. Kemungkinan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 300 hp. 3. Fitur Datang sebagai model 2017, diharapkan Civichatchback dilengkapi dengan sejumlah fitur yang sama seperti di versi Sedan. Sebut saja beberapa diantaranya lampu utama LED, lampu senja LED, rem parkir elektronik, dan jok depan dengan fitur pemanas. Sistem entertainmentberupa 7 inci dan bisa terhubung dengan smartphone buatan Apple CarPlay dan Android Auto. 4. Produksi Honda Civic hatchback akan diproduksi di pabrik Honda di Swindon, Inggris. 5. Penjualan Berdasarkan rumor yang berkembang Honda Civic hatchback akan diluncurkan di Amerika Serikat pada semester kedua 2016. Honda telah mengonfirmasi model yang sama akan dijual di Eropa mulai awal 2017. Mantap kan? Info lengkap 085317585487 #civicturbo #civichatchback #promohonda #hondacivic#hargacivcbandung #dealerhondabandung

A video posted by Promo Honda Bandung (@promohondabandung) on

Sayangnya untuk varian Sport Touring tidak akan hadir berbarengan dengan yang lainnya karena dikabarkan mobil ini akan diluncurkan musim depan. Versi tertinggi ini juga mempunya perbedaan pada interior seperti pedal berbahan aluminium, kemudian instrumen yang juga hadir dengan warna merah dan juga sistem audio 12 speaker bertenaga 540 watt menjadi keunggulannya.

Lalu berapa harganya jika masuk Indonesia? Tentu saja belum ada keterangan resmi dari Honda Prospect Motor, namun kita bisa memprediksi.

Untuk pasar US, Civic Sedan yang sama dengan spek Indonesia adalah varian Civic Touring yang dibanderol USD 26.500 atau sekitar Rp 343 jutaan. Artinya itu hanya lebih tinggi 5% dibanding versi Hatchback termahal.

Saat ini untuk pasar Indonesia, Honda Prospect Motor menjual Civic Turbo Sedan seharga Rp 475,5 juta. Jika dikurangi 5%, maka didapat angka Rp 451 juta. Namun jangan lupakan pajaknya.

Di Indonesia, mobil hatchback mendapatkan keringanan pajak lebih baik. Lihat saja beda harga Honda City dan Honda Jazz yang sebetulnya di luar negeri mirip. Jazz termahal di Indonesia memiliki harga Rp 264,5 juta sementara City termahal mencapai Rp 338,3 juta. Artinya Jazz lebih rendah 22% dibanding City.

Bila harga Civic Turbo Hatchback selisihnya juga 22% lebih murah dibanding varian sedan, maka dapat diperkirakan ia bisa dijual di Indonesia seharga Rp 370 jutaan. Jika ada varian transmisi manual 6-speed, bisa lebih murah lagi sekitar Rp 10-15 juta.

Menarik bukan? Kita tunggu saja pastinya di tahun depan.

 

Dealer Honda Bandung

Situs berisi informasi honda bandung (dealer honda bandung), daftar harga kredit mobil honda bandung (kredit honda bandung) semua model mobil honda bandung, DP dan cicilan atau angsuran, kredit serta Promo Mobil Honda di bandung kota dan kabupaten dan jawa barat. Pricelist Cash Mobil Honda Bandung.

Appointment Test Drive / Konsultasi:

+62 853-1758-5487 (Telp/SMS/WA: Alwy Honda)

Minta Kami untuk Menghubungi Anda

Klik Disini